Google Maps Kebagian Fitur Laporan Kecelakaan

JakartaGoogle Maps sepertinya akan mempunyai fitur baru yang berasal dari Waze, yaitu fitur untuk melaporkan insiden kecelakaan di jalan.

Hal ini diketahui setelah sejumlah pengguna Maps melaporkan adanya fitur seperti ini di aplikasi pemetaan digital tersebut. Yaitu pengguna bisa melaporkan beberapa hal seperti perbaikan jalan, waktu kecelakaan, dan apakah si pengguna masih yakin kalau insiden itu masih menyebabkan kemacetan.

Fitur semacam ini sejatinya ada di dalam Waze — yang lima tahun lalu diakuisisi oleh Google –. Dalam fitur tersebut pengguna bisa melaporkan penutupan jalan, kecelakaan, keberadaan mobil polisi dan berbagai masalah lalu lintas lainnya.

Ketika APK Maps dibongkar oleh Android Police beberapa waktu lalu, fitur semacam ini sebenarnya sudah ditemukan. Namun tampaknya baru saat ini fitur tersebut tersedia untuk para pengguna, meski belum jelas itu hanya sebuah pengujian atau fitur permanen yang akan tersedia untuk semua pengguna.

Google Maps Kebagian Fitur Laporan KecelakaanFoto: Google

Google hanya mengkonfirmasi kalau fitur ini sudah mulai dicoba sejak beberapa bulan ke belakang di Android, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (30/6/2018).

Fitur laporan insiden ini bisa dibilang fitur jagoan Waze, yang membuat banyak pengguna lebih memilih Waze ketimbang Maps. Pasalnya laporan ini berasal dari pengguna, dan cenderung lebih akurat, terutama soal waktu kejadian.

Namun sebenarnya antara Waze dan Maps tak perlu berebut pengguna, karena peruntukannya yang berbeda. Di mana Waze didesain untuk pengendara mobil (atau motor), sementara Maps digunakan oleh pengguna jalan secara umum, baik pejalan kaki, pengguna transportasi umum, atau pun pengendara sepeda. (asj/afr)

Sumber Berita: detik.com