Tommy Sugiarto Tembus Final Korea Open

Tommy Sugiarto (Dok. PBSI)

Jakarta: Tommy Sugiarto menjadi satu-satunya pebulu tangkis Indonesia yang berhasil menapaki final turnamen Korea Open 2018. Wakil tunggal putra itu menembus final usai memenangi “perang saudara” melawan Jonatan Christie, Sabtu 29 September.

Tommy mengalahkan Jonatan para pertarungan babak semifinal di SK Handball Stadium, Seoul, Korea Selatan. Ia mampu menumbangkan Jojo–sapaan Jonatan–dengan pertarungan dua game langsung dengan skor 21-13 dan 22-20.

Pada game pertama, Jonatan yang meraih medali emas Asian Games 2018 lalu sempat menguasai pertandingan. Ia mampu mengungguli Tommy hingga interval game pertama dengan skor 11-8.

Klik: Obor Asian Para Games 2018 Siap Diarak di Jakarta

Namun, sang senior tidak tinggal diam selepas break interval pertama. Ia mampu membalikkan keadaan dengan mengejar poin Jonatan dan menyamakan kedudukan menjadi 12-12.

Dominasi Tommy kian berlanjut setelah ia mampu mencuri tujuh poin beruntun dari Jonatan dan membuat skor menjadi 19-12. Jonatan sempat memberikan perlawanan, namun ritme permainan yang dipertahankan Tommy membuatnya menang 21-13.

Situasi di game pertama kembali terulang di game kedua setelah Jojo berhasil mengamankan interval dengan skor 11-6. Namun, Tommy perlahan mampu mengejar poin meski sudah tertinggal jauh oleh juniornya.

Pebulu tangkis 30 tahun itu kembali mampu menyamai poin Jojo dengan skor 16-16. Kesabaran tampaknya menjadi kunci Tommy pada laga ini yang membuat Jojo kembali harus mengakui keunggulan seniornya yang menutup game kedua dengan skor 22-20.

Hasil ini membuat rekor pertemuan kini dipegang Tommy dengan agregat 2-1. Sebelumnya, kedua wakil Pelatnas PBSI ini sama-sama mengantoni kemenangan, dimana Tommy menang di Indonesia Masters 2015 dan dibalas Jonatan di New Zealand Open 2018. 

Tommy selanjutnya akan menghadapi Chou Tien Chen di partai final tunggal putra Korea Open 2018. Sang lawan yang asal Taiwan itu melaju ke final usai mengalahkan Kenta Nishimoto asal Jepang dengan skor 19-21, 21-18, dan 21-14.

(REN)